" Welcome to my Blogger...^.^ "

Sabtu, 09 April 2011

puluhan warga keracunan tempe





GUNUNGKIDUL- Sedikitnya 18 orang warga desa Banjarejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta, keracunan tempe yang terbuat dari petai cina (manding) yang dibeli dari salah seorang warga setempat. AKibatnya 8 orang diantaranya  harus dirawat dirumah sakit.

Menurut keterangan Ribut salah seorang korban, peristiwa itu terjadi saat dirinya bersama keluarga makan malam dengan lauk tempe, dan sayur. Selang sepuluh menit setelah makan seluruh keluarganya mengeluh mual, pusing dan diare. Tempe tersebut dibeli dari penjual tempe Suti warga setempat.

“Keluarga saya makan tempe hampir setiap hari, namun baru kali ini keracunan”ujarnya kepada wartawan (9/4/2011)

Keluhan pusing dan mual, tidak hanya dirasakan keluarga Ribut namun sebanyak 18 tetangganya merasakan hal sama.  Warga yang dalam kepanikan langsung membawa para korban ke puskesmas Tanjungsari, namun karena kondisi semakin parah langsung dirujuk ke RSUD Wonosari Sabtu dini hari.

Delapan orang harus dirawat intensif dirumah sakit Ny Ribut (31), Ny Satijem (60), Fitri (10), Padmorejo (50), Fajaryanto (19), Tuti(29), Indra (9), dan Novi Luvita (15).

“Dari 18 yang keracunan 8 orang harus dirawat di RSUD Wonosari,”jelasnya

Dugaan sementara kemungkinan tempe tersebut mengandung racun. Dugaan warga ini dikuatkan dengan sisa tempe yang belum sempat dimakan diberikan pada seekor sapi milik Miyah (40). Dan binatang tersebut langsung lumpuh.

“Kami tidak menyangka makanan tersebut akhirnya membawa seluruh keluarga kami harus opname di rumah sakit,” kata Subarno salah seorang warga yang ikut menjadi korban.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul dr Sri Harto Mkes ketika dihubungi membenarkan telah menerima laporan dari warga.  Untuk memastikan penyebab keracunan secara pasti Dinas Kesehatan akan melakukan pemeriksaan terhadap sisa makanan  berupa tempe, dan beberapa sayur yang disantap para korban sebelum akhirnya keracunan dan dirawat di rumah sakit.

“Sisa makanan akan kami kirim ke laboratorium untuk mengetahui jenis racun yang  menyebabkan para korban masuk rumah sakit,” terangnya.
(Markus Yuwono/Trijaya/crl)

http://news.okezone.com/read/2011/04/09/340/444183/puluhan-warga-keracunan-tempe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar