" Welcome to my Blogger...^.^ "

Rabu, 13 April 2011

Yuk, Peduli Jantung Melalui Musik


MUSIC of your heart, where your heart beat, meets your music. Penggalan lagu tersebut menjadi kampanye edukasi peduli jantung sehat yang fun dan seru untuk Anda.

Berubahnya gaya hidup masyarakat Indonesia yang serbainstan dan mobile sedikit banyak menyebabkan meningkatnya sejumlah penderita beberapa penyakit tertentu salah satunya yang melonjak tinggi adalah penyakit jantung dan pembuluh darah, yang saat ini menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia.

Awalnya penyakit jantung dan pembuluh darah diasumsi hanya menjangkiti penderita usia tua saja, namun beberapa tahun belakangan ini, banyak kasus yang terjadi justru penderitanya berusia muda dan produktif (sekira 20-30 tahun). Bahkan karena kurang penanganan yang baik dan benar menyebabkan kematian secara tiba-tiba. Kondisi tak terdeteksi inilah yang sangat memprihatinkan dan meresahkan masyarakat luas.

Bila diamati, meningkatnya angka penderita penyakit jantung dan pembuluh darah di Indonesia sebagian besar dipicu oleh pergeseran gaya hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi makanan tidak sehat, mengonsumsi rokok, dan minuman keras, kurang olahraga, kurang istirahat serta stres. Tak hanya itu saja, belum tingginya kesadaran masyarakat untuk selalu memeriksakan kesehatannya, termasuk jantung juga menjadi salah satu penyebabnya.

Melihat kondisi tersebut, salah satu pemimpin perusahaan advertising di Indonesia Grey Group Indonesia menggagas kampanye edukasi peduli jantung sehat yang dikemas "fun" dan seru bertajuk "Music of Your Heart", dengan menggandeng Yayasan Jantung Indonesia dan Sony Music Entertainment.

"Berangkat dari ide cemerlang tim kreatif kami yang peduli terhadap kesehatan jantung. Di mana banyak sekali kejadian-kejadian penderita usia muda atau produktif sekitar 20-30 tahun yang terkena penyakit jantung. Kayaknya ini sudah menjadi salah satu penyakit di kalangan eksekutif muda. Lalu kami bikin kampanye edukatif untuk mengingatkan mereka terhadap serangan jantung. Salah satu caranya dengan pola hidup sehat, tidak cukup makanan sehat, tapi juga olahraga dan hidup tidak ‘pol-polan’ untuk kerja. Supaya menarik kita bikin melalui musik, jadi musik sama dengan irama jantung," kata CEO Grey Indonesia, Agus Sudrajat saat konferensi pers “Music of Your Heart” di Yayasan Jantung Indonesia, Menteng, Jakarta, Rabu (13/4/2011).

Dr Dewi Andang Joesoef, Ketua Yayasan Jantung Indonesia menyambut kampanye tersebut dengan baik, "Berbekal keinginan untuk selalu menyebarkan ajakan kepada masyarakat untuk memerhatikan kesehatan jantung yang menjadi bidang upaya kegiatan utama kami, maka tentunya kami menyambut baik inisiatif Grey Group Indonesia yang juga menggandeng Sony Music Entertainment untuk menggelar sebuah kampanye peduli jantung sehat yang dikemas secara menarik."

"Mengenai target kampanye yang ingin meraih perhatian usia muda agar mulai peduli terhadap kesehatan jantung, kami sejalan dengan visi dan misi kami yang juga ingin merangkul usia muda untuk mulai memerhatikan kesehatan jantungnya. Untuk tujuan tersebut, belum lama ini kami menunjuk Duta Remaja Yayasan Jantung Indonesia yaitu Zivanna Lethisa Siregar yang meruapakan Puteri Indonesia. Selain itu, kami juga menunjuk Susan Bachtiar sebagai Duta Yayasan Jantung Indonesia dan Marcelino Lefrandt dan Mesty Ariotedjo sebagai juru bicara Yayasan Jantung Indonesia untuk menyebarkan ajaran Peduli Kesehatan Jantung dengan menerapkan gaya hidup sehat sejak usia muda," imbuh dr Dewi.

Kampanye peduli jantung sehat Music of Your Heart akan diselenggarakan di Atrium Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, Minggu (17/4) mendatang pukul 12.00 WIB.

Uniknya dari kampanye edukasi ini, setiap pengunjung yang memeriksakan detak jantungnya diperkenankan untuk memilih lagu favorit yang nantinya akan digabungkan dengan level detak jantungnya. Sehingga setiap pengunjung akan mendapatkan suvenir download lagu favorit berisi detak jantungnya.

"Setiap kali kita mendengar musik ada irama jantungnya. Kita siapkan ‘theme song’, jadi siapapun yang tampil bisa meng-create lagu itu," ungkap Randy Reynaldi, Executive Director Grey Group Indonesia di kesempatan yang sama.

Sony Music merasa gembira bisa ikut terlibat di kampanye ini.

"Pertama-tama waktu itu Randy datang untuk menentukan tema. Enggak lama, salah satu komposer Sony Music menghadap Ilahi karena jantung. Karena itu pihak Sony ingin mengomunikasikan betapa pentingnya kesehatan jantung. ‘Music of your heart’ di mana jantung bertemu dengan tubuh. Saya sangat senang bisa berpartisipasi," papar Toto Widjoyo Direktur Utama Sony Music Emntertainment.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar