" Welcome to my Blogger...^.^ "

Selasa, 12 April 2011

Tahun Einstein Digelar di London


Liputan6.com, London: Sebuah kolaborasi antara ahli fisika dan seorang pemain akrobat sepeda terkenal dunia menandai dimulainya perayaan Tahun Einstein di Inggris. Tahun Einstein diselenggarakan sebagai penghormatan atas kontribusi ilmuwan itu terhadap dunia modern serta upaya mendorong kaum muda agar lebih tertarik pada ilmu fisika.

Pemain akrobat sepeda itu bernama Ben Wallace. Dia melakukan aksinya di Museum Ilmu Pengetahuan London sebagai tanda pembukaan Tahun Einstein, baru-baru ini. Dia beraksi terjun sambil berjungkir balik dengan sepedanya. Gerakan ini diberi nama Salto Einstein.

Namun, sebelumnya manuver ini sudah diperhitungkan secara matang oleh Wallace dan sejumlah ilmuwan fisika. Gerakan ini sekaligus untuk membuktikan adanya hubungan kuat antara energi dan kekuatan alam. Dan, penggabungan kedua unsur ini sangat berguna dalam dunia olahraga maupun kehidupan sehari-hari.

Menurut ahli fisika Helen Czerski, atraksi Wallace sebenarnya menggambarkan dasar hukum fisika. Contohnya, mengenai bagaiman membuat gerakan saat terjun bebas.

Tahun Einstein adalah kontribusi Inggris terhadap Tahun Fisika Internasional. Kegiatan ini sekaligus untuk menandai 100 tahun sejak ilmuwan itu mempublikasikan tiga teorinya, termasuk Teori Relatifitas Umum yang menjadi dasar fisika modern.

Selama pergelaran di Inggris, panitia akan menyelenggarakan berbagai acara seperti pameran interaktif di berbagai museum dan pusat ilmu pengetahuan, kompetisi seni dan puisi. Tak ketinggalan, kompetisi dansa yang didasarkan pada Teori Einstein. Jadi, fisika tak selalu menjemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar