" Welcome to my Blogger...^.^ "

Rabu, 13 April 2011

Awas, Kepang Rambut Bikin Botak Permanen


Liputan6.com, Ohio: Apakah Anda berambut panjang dan suka mengepang untuk membantu penampilan Anda? Ada baiknya lebih hati-hati, karena rambut yang terkepang ternyata akan lebih mudah rontok.

Temuan tersebut merupakan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Klinik Cleveland, Ohio. Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang gemar mengepang rambut, memiliki risiko terserang alopesia cicatricial pusat sentrifugal (CCCA) atau yang lebih dikenal dengan sebutan botak permanen.


Penelitian ini melibatkan 320 wanita kulit hitam yang kerap mengepang rambutnya. Ditemukan, 69% dari 320 wanita tersebut mengalami CCCA. CCCA adalah kebotakan yang dimulai pada puncak kepala yang diduga terjadi akibat penggunaan rol panas yang biasa digunakan untuk menata rambut.

"Aku tidak akan melarangmu untuk mengepang rambutmu. Saranku, janganlah mengepangnya terlalu kuat. Jika kau mengalami kerontokan rambut, yang perlu kau lakukan bukan hanya merawatnya. Kau harus segera mencari pertolongan medis," kata pimpinan penelitian ini, Dr. Angela Kyei. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar