" Welcome to my Blogger...^.^ "

Minggu, 17 April 2011

Listrik Jadi Penentu Kebangkitan Ekonomi Jepang


WASHINGTON - OPEC menilai pertumbuhan ekonomi Jepang akan mengalami kemunduran pascagempa dan tsunami Maret lalu. Namun, ekonom IMF masih merasa optimistis akan kondisi Jepang asalkan pasokan listrik kembali normal. 

Seperti dikutip AFP Minggu (17/04/2011), Ekonom OPEC Hasan Qabazard mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Jepang benar-benar terguncang setelah gempa besar. “Proyeksi pertumbuhan di Jepang diturunkan menjadi -0,1 persen dari sebelumnya 1,5 persen,” ungkapnya dalam sebuah  acara IMF.

Namun, ekonom IMF masih optimistis bahwa Jepang akan mampu tumbuh 1,4 persen seperti prediksi di awal pekan ini. Optimisme ini masih akan tumbuh apabila Jepang mampu menangani  ketidakpastian situasi akibat pemadaman listrik dan rekonstruksi.

"Ramalan ini diprediksi karena adanya ketidakpastian akibat gangguan listrik," kata Chief Mission IMF, Mahmood Pradhan, Sabtu lalu. Pemotongan daya telah memaksa banyak pabrik menghentikan produksinya, mengganggu suplai bahan baku untuk industri di negara itu.

Anoop Singh, Direktur Asia Pasifik IMF juga mengungkapakan hal serupa. Kebangkitan Tokyo akan terjadi jika anggaran rekonstruksinya cepat disalurkan. “Ketidakpastian yang begitu besar atas situsai ini membuat kita tak ada yang bisa menebak kapan situasi ini akan berakhir,” tutupnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar