" Welcome to my Blogger...^.^ "

Sabtu, 09 April 2011

jepang larang tanam padi ditempat terkontanimasi



TOKYO – Pemerintah Jepang akan mengeluarkan larangan bagi para petani menanam padi di tanah yang terkontaminasi radiasi dari PLTN.


Larangan tersebut akan diberlakukan pada tanah yang mengandung cesium radioaktif tinggal tinggi dan bagi para petani yang tidak bisa menanam padi akan diberikan kompensasi.


Sejauh ini, tanah yang radiasinya melewati batas radiasi yang baru ditetapkan hanya ditemukan di dua wilayah di Iitate, sebuah desa yang terletak sekira 40 kilometer dari PLTN Daiichi Fukushima.


“Kami harus lekas mengeluarkan kebijakan tersebut karena saat ini adalah musim tanam. Setelah ini, saya ingin mengetahui pendapat para ahli dan pejabat pemerintahan setempat bagaimana memulihkan keadaan tanah,” ujar Menteri Pertanian Jepang Minister Michihiko Kano seperti dikutip Associated Press, Sabtu (9/4/2011).


Beras yang ditanam di tanah yang tidak terkontaminasi juga akan diperiksa dan batas radiasi beras sama dengan batas radiasi pada ikan dan sayuran. Batas radiasi untuk tanah yang digunakan untuk menanam 10 kali lebih tinggi karena ada kekhawatiran padi akan menyerap cesium selama masa tumbuhnya.
(rhs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar