" Welcome to my Blogger...^.^ "

Jumat, 11 Maret 2011

Taipan Meksiko Kembali Sandang Orang Terkaya Sedunia

Carlos Slim
NEW YORK - Pengusaha kakap asal Meksiko Carlos Slim dinobatkan sebagai orang terkaya sedunia. Posisi ini berhasil dipertahankannya sejak tahun lalu.

Dilansir dari majalah
 Forbes, Kamis (10/3/2011), tercatat ada 1.140 orang yang disurvei terkaya sedunia versi majalah ini. Orang-orang kaya ini berasal dari seluruh penjuru dunia. Tak terkecuali Indonesia, yang tercatat ada 14 orang pengusaha.

1. Masih ditempati pengusaha asal Meksiko Carlos Slim Helu & family. Kekayaannya mencapai USD74 miliar. Maestro telekomunikasi ini juga melakukan merger perusahaan telekomunikasi fixed line dengan America Movil yang merupakan operator nirkabel terbesar di Amerika latin.

Selain itu, baru-baru ini Carlos juga membuka sebuah gedung baru yaitu museum Soumaya untuk menampung semua koleksi seninya.

2. Bill Gates. Pendiri miscrosoft ini memiliki kekayaan mencapai USD56 miliar. Selain itu 70 persen dari kekayaannya berasal dari dana investasi Cascade. Gates pun mendirikan sebuah badan amal yang paling berpengaruh di dunia yaitu The Gates foundation yang menangani dana untuk penyakit Polio dan TBC.

3. Warren Bufett yang kekayaannya mencapai USD50 miliar. Pria berusia 80 tahun ini pada 1965 membeli perusahaan tekstil Berkshire Hathaway yang kemudian mengubahnya menjadi perusahaan induk besar yaitu makanan, asuransi, utilitas, dan industri.

Buffett juga memperoleh dana sebesar USD26 miliar dengan mengakuisisi kereta api raksasa Burlington Northern Santa Fe pada 2009.

4. Pengusaha asal Prancis Bernard Arnault, tercatat di peringkat ini dengan kekayaan mencapai USD41 miliar. Pemilik usaha merk baju mewah Louis Viton ini  kekayaannya meningkat sebesar USD13,5 miliar yang sebagian besar berasal dari dari penjualan merk baju mewah Louis Viton ini.

Pria berusia 62 tahun ini memiliki kapal pesiar Royal Van Prapaskah, sebuah hotel di Courchevel, dan juga memiliki saham di Carrefour Perancis dan operator tur Prancis Go Voyages.

5. Larry Ellison kekayaannya mencapai USD39,5 miliar. Dia adalah pemilik perusahaan perangkat lunak Oracle dan telah mengakuisisi 75 perusahaan selama bertahun-tahun senilai USD40 miliar.

6. Lakshmi Mittal yang berasal dari India, di mana kekayaannya mencapai USD31,1 miliar. Pemilik ArcelorMittal yang merupakan produsen baja terbesar didunia ini laba bersihnya naik 18 kali lipat menjadi USD2,9 miliar pada 2010 karena permintaan akan produksi baja dan margin yang tinggi.

Selain itu, Lakshmi berencana membeli Alderbrook Park, sebuah kawasan yang luas dimana dia berencana untuk membangun rumah negara yang ramah lingkungan senilai USD40 juta.

7. Pemilik sebuah merk fashion terkenal di dunia, Zara, Amancio Ortega kekayaannya mencapai USD31 miliar. Amancio memiliki lima ribu toko yang menjual produk Zara, Massimo Dutti, dan Stradivarius yang tersebar di 77 negara di dunia. Amancio pun memliki properti di Florida, Madrid, London, dan Lisbon.

8. Ditempati oleh Eike Batista yang berasal dari Brazil dengan kekayaan mencapai USD30 miliar. Orang terkaya di Brazil ini melalui induk perusahaannya, EBX, Batista mengontrol usaha penambangan, pembuatan kapal, energi, logistik, pariwisata dan hiburan. Dua pertiga dari kekayaannya berasal dari OGX, perusahaan eksplorasi minyak dan gas yang didirikannya pada 2007.

9. Mukesh Ambani, yang berasal dari India. Kakayaannya mencapai USD27 miliar. Konglomerat yang menguasai industri gas dan minyak ini mempunyai perusahaan di India yang paling penting.

10. Pemilik Walmart Christy Walton & Family yang kekayaannya mencapai USD26,5 miliar. Walmart saat ini memiliki penjualan sebesar USD405 miliar dan mempekerjakan lebih dari 2,1 juta orang. Selain itu Christy juaga merupakan orang yang dermawan karena mendukung pembangunan museum.(ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar