" Welcome to my Blogger...^.^ "

Selasa, 28 September 2010

Organisasi dan Metode

Engel Yolanda
1DB16
32110371
S.TIWI A.


SOFT SKILL

PERTANYAAN :

1. Apa saja kegiatan dalam management?
2. Apakah yang dimaksud dangan organisasi dan metode?
3. Apakah hubungan antara management dan tata kerja?
4. Mengapa uang bisa dijadikan sebagau motivasi dalam bekerja?

JAWABAN :

1. Kegiatan Management :
a. Planning ( Perencanaan )
- Merupakan proses kegiatan pemikiran , dugaan dan penentuan prioritas yang harus dilakukan secara rasional sebelum melaksanakan tindakan yang sebenarnya
- Merupakan kegiatan non fisik sebelum malaksanakan kegiatan fisik.
- Sangat diperlukan dalam rangka mengarahkan tujuan dan sasaran organisasi serta tujuan suatu program pembangunan

b. Organuzing ( Pengorganisasian )
- Merupakan proses penyusunan pembagian kerja kedalam unit-unit kerja dan fungsi-fungsinya serta penempatan mengenai orang yang menduduki fungsi-fungsi tersebut secara tepat.
- Dilakukan demi perencanaan, pelaksanaan, dan pembagian kerja yang tepat
- Harus diperhatikan dalam penempatan orang ( staffing ) dilakulan secara obyektif.

c. Motivating ( Pendorongan )
- Merupakan proses kegiatan yang harus dilakukan untuk membina dan mendorong semangat dan kerelaan kerja para pegawai.
- Mencakup segi-segi perangsang baik yang bersifat rohaniah seperti kenaikan pangkat, pendidikan, dan pengembangan karier, pemberian dan sebagainya maupun yang bersifat jasmaniah seperti system upah yang menggairahkan, pemberian tunjangan, penyediaan fasilitas yang lengkap dan sebagainya.



d. Controlling ( Pengendalian )
- merupakan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk mengadakan pengawasan, penyempurnaan, dan penilaian sehingga dapat mencapai tujuan seperti yang direncanakan.
- Sangat penting untuk mengetahui sampai dimana pekerjaan sudah dilaksanakan.
- Dapat dilakukan evaluasi, penentuan tindakan korektif ataupun tindak lanjut, sehingga pengembangan dapat ditingkatkan pelaksanaannya.

Keempat kegiatan management tarsebut tidak dapat terlaksana tanpa adanya sumber-sumber ataupun sarana yang harus didayagunakan secara tepat. Sumber-sumber yang dimaksud disebut 6M ( the six M’s management istilah George R Terry ) yaitu :
a. Manusia atau tenaga kerja ( Manpower )
b. Uang atau dana (Money )
c. Bahan-bahan atau material (Materials )
d. Mesin dan peralatan ( Machines and Equipment )
e. Tata kerja ( Methods )
f. Pasar ( Market )

2. Pengertian organisasi dan metode secara lengkap adalah :

Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses management terutama dorongan memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokrasi dalam rangka mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
Dari pengertian tersebut terkandung beberapa maksud yaitu :
a. Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
b. Organisasi dan metode penting bagi kegiatan management
c. Organisasi dan metode dapat memanfaatkan
d. Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi bkerja untuk mencapai tujuan

3. Hubungan antara management dan tata kerja dapat dilukiskan seperti dibawah ini :

Management : menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tarcapainya tujuan.
Tata kerja : menjelaskan bagaimana prosrs kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tarsedia

4. Karena pada umumnya kebanyakan masyarkat memerlukan uang untuk kelangsungan hidupnya, karena itu untuk mendapatkan uang orang harus bekerja.
Contoh :
a. Bekerja dikantoran
b. Menjadi wirausaha
c. Bertani
d. dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar