" Welcome to my Blogger...^.^ "

Minggu, 23 Oktober 2011

Perhiasan Kuno nan Unik

Liputan6.com, Jakarta: Anda pecinta perhiasan? Rasanya ada yang kurang jika belum melihat keindahan perhiasan-perhiasan kuno dari berbagai daerah di Indonesia. Bentuk ukiran yang unik membuat perajin modern sulit menirunya. Tak heran perhiasan peninggalan leluhur itu selain langka juga bernilai tinggi.

Perhiasan sejak dulu mempercantik penampilan kaum wanita. Keindahannya pun tak lekang oleh waktu. Namun, perhiasan kuno tak mudah didapat karena mengandalkan pewaris perhiasan sehingga harus rela melegonya ke kolektor. Nilainya ditentukan kelangkaan, materi, usia, serta tingkat kerumitan pembuatan.

Perhiasan perak berlapis emas dan bertabur intan, peninggalan kraton misalnya. Keindahannya masih terpancar, bahkan setelah seratus tahun kemudian. Perhiasan ini dihargai Rp 20 juta.

Lain lagi dengan kalung batak. Kalung ini dulunya digunakan untuk upacara adat karo. Selain unik, kalung berbahan perak disepuh emas itu tiap bagiannya disambung dengan rantai benang. Dapat bertahan hingga seratus tahun lebih. Nilainya ditaksir Rp 20 juta.

Kekhasan juga terlihat pada kalung kuda dari adat Lampung. Kekhasan kalung yang juga bisa bertahan hingga seratus tahun lebih ini terletak pada ukirannya yang sangat detail.

Perhiasan kuno juga ada yang terbuat dari fosil. Berbahan batu belimbing dari Papua, kalung ini berusian 200 tahun. Perhiasan dari fosli juga terlihat di kalung Sumbawa yang berusia 400 tahun.

Awalnya, kalung antik peninggalan berbagai suku bangsa di Indonesia lebih banyak diminati kolektor mancanegara. Namun kini kolektor dalam negeri juga mulai memburu perhiasan kuno ini.
narasumber : liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar